Artikel

Pembangunan Jembatan

10 September 2017 16:08:54  Admin  18 Kali Dibaca 

CIMAUNG - 10 September 2017. Pembangunan merupakan proses perubahan yang direncanakan desa kami untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat, yang ditandai dengan adanya pertumbuhan ekonomi, industrialisasi dan modernisasi. Namun dalam pelaksanaan khususnya pada pembangunan yang bersifat fisik seringkali para pihak yang terlibat mengabaikan masalah lingkungan, sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan. Demikian juga dengan pembangunan infrastruktur jalan jembatan, masalah lingkungan tidak terlalu diperhatikan, baik pada saat perencanaan maupun pada saat pengoperasiannya, hal ini karena pihak- pihak yang terlibat dalam kegiatan pembangunan tersebut lebih mengutamakan hasil atau produk dari pembangunan itu sendiri, sementara dampaknya terhadap lingkungan masih diabaikan. Pada dasarnya kegiatan pembangunan infrastruktur jalan jembatan pasti mengakibatkan dampak terhadap lingkungan baik dampak positif maupun dampak negatif, sebagai contoh pembangunan jalan jembatan pada Kp. Sukajaya Rt.01 Rw.04 Desa Cimaung Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung Agar pembangunan infrastruktur jalan  jembatan Sukajaya yang dilaksanakan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan atau setidaknya meminimalisasi dampaknya terhadap lingkungan maka pembangunan tersebut harus berwawasan lingkungan.

Pemerintahan Desa Cimaung sudah menargetkan akan membangun Jembatan Penghubung antar RW, yang tercantum dalam RPJMDes selanjutnya di cantumkan kedalam RKPDes untuk di masukan kedalam RAPBdes untuk di jadikan Peraturan Desa tentang APBDes 2017.

Jembatan tersebut sangat bermanfaat sekali karena dianggap sebagai jalan utama untuk ke lokasi tempat berhentinya Bis Jemputan para karyawan pabrik dari kp. Tinggar Jaya Hilir. Pembangunan Jembatan tersebut bersumber dari Anggaran Dana Desa Tahun 2017 Tahap ke 2 Sebesar Rp. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah ) plus Biaya Umum dan Pajak. 

Pengerjaan Pembangunan Jembatan tersebut para pekerjanya adalah warga setempat khususnya dan sangat bermanfaat sebagai penghubung jalan pintas akses dari Kp. Sukajaya Rw.04 ke Kp. Tinggar Jaya Hilir Rw.01 Desa Cimaung'' ungkap Bapak Kepala Desa Cimaung".

Pembangunan jembatan yang berwawasan lingkungan adalah pembangunan yang baik dari sudut pandang ekologi atau lingkungan, dengan kata lain adanya keharmonisan dengan alam. Untuk dapat mewujudkan pembangunan infrastruktur jalan jembatan yang berwawasan lingkungan, maka dalam setiap tahapan pembangunan harus memperhitungkan dampaknya terhadap lingkungan. Pembangunan yang berwawasan lingkungan dengan sendirinya akan menciptakan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development).

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Wilayah Desa

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Pangalengan KM.24 Bandung
Desa : Cimaung
Kecamatan : Cimaung
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40374
Telepon : (022) 88882658
Email : info@cimaung.desa.id

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:4
    Kemarin:35
    Total Pengunjung:33.802
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:202.180.16.2
    Browser:Tidak ditemukan